jump to navigation

Tips Penyimpanan Data dari Internet 09/05/2009

Posted by honeyque in komputer teman...!!!.
Tags: , ,
trackback

usbSetelah pusing-pusing kita mencari data, tentu tidak akan lengkap jika data itu dibiarkan terbuka begitu saja. Apalagi kalau kita memprosesnya dari Internet, kita perlu memindahkan ataupun menyimpan data tersebut baik ke dalam disket, flash-disk atau media penyimpan lainnya.

1. File HTML (Hypertext Mark up Language)

Biasanya pengguna awal Internet menyimpan file yang didapatnya dengan meng-copy semua isi yang akan diambil lalu dipindahkan (paste) ke dalam Microsoft Words. Hasilnya, bentuk tidak sesuai dengan aslinya, membutuhkan banyak langkah, dan kapasitas file akan membengkak. Hal ini akan merugikan apalagi jika kita hanya membawa 1 disket, sedangkan data yang akan disimpan sangat banyak. Ada cara menyimpan file HTML agar hasil penyimpanan cepat dan akurat, maka ada 3 cara alternatif, yaitu :

a. HTML Complete

Cara seperti ini dimaksudkan untuk menyimpan informasi utuh dan sama sesuai dengan tampilan aslinya di Internet. Caranya klik Fileè Save As . Setelah muncul tampilan Save Web Page seperti di bawah ini, tentukan tipe file penyimpanannya dengan meng-klik panah pada Save as type è Web Page, complete (*.htm;*html).

screenshoot

b. HTML only

Cara ini bertujuan untuk menyimpan data berupa tulisan atau teks saja,akan tetapi dalam bentuk HTML. Caranya hampir sama dengan cara di atas, perbedaanya hanya pada filetype-nya saja. Jadi klik File è Save As dan pilih Save as type : Web Page, HTML only 9*htm.*html).

tag-editor-html-01

c. Text File

Cara ini bertujuan untuk menyimpan data berupa tulisan atau teks murni. Caranya klik File–> Save As dan pilih Save As Type : Text File (*.txt). Hasil penyimpanan seperti di bawah ini:

text only

2. File DOC

Misalnya kita menuliskan : sholat tiang agama, pada mesin pencari, maka hasil pencarian dengan menggunakan fitur filetype:doc adalah sebagai berikut:

googlesholat

Ada beberapa cara menyimpan data dengan format doc. Apabila kita langsung membuka link tersebut maka akan muncul window alert seperti di bawah ini :

window alert

Bila kita ingin membuka atau melihat isi dokumen tersebut, maka klik tab Open. Jika akan menyimpan tanpa membuka terlebih dahulu klik Save. Tetapi bila sudah dibuka, cara menyimpannya adalah klik File Save As lalu simpanlah pada folder yang dikehendaki.

3. File PDF

Penyimpanannya hampir menyerupai dengan file doc. Contoh : ketikkan pendidikan:pdf . Hasilnya sebagai berikut :

filetype pdf

Bedanya kalau file pdf ini dibuka maka akan terdapat tambahan toolbar seperti ini :

tool pdf

Cara penyimpanannya pun cukup simpel. Kita tidak usah meng-klik File è Save As, melainkan cukup dengan meng-klik gambar disket yang berada pada sudut kiri toolbar. Cara menyimpan ganbar jika kita membutuhkan hanya satu gambar yang ada di suatu website, maka klik kanan pada gambar yang akan diambil, kemudian klik Save Picture As. Baru kemudian disimpan pada folder yang diinginkan.

4. File Gambar

Cara menyimpan file gambar jika kita membutuhkan hanya satu gambar yang ada di suatu website, maka klik kanan pada gambar yang akan diambil, kemudian klik Save Picture As. Baru kemdian simpan folder yang diinginkan sepert gam bar dibawah ini:

firefox-save-as

……………..Selamat Mencoba……………

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: