jump to navigation

Cara Instal Themes 19/06/2009

Posted by honeyque in komputer teman...!!!.
Tags: ,
trackback

themsThemes bisa dianggap sebagai “kulit” untuk tampilan weblog, kulit tersebut dapat saja berganti-ganti tanpa merubah isi dari weblog tersebut. Ketika Anda selesai install WordPress untuk blog, langkah selanjutnya yang biasa dilakukan blogger adalah mengganti themes. Themes WordPress banyak ditemukan melalui search engine google.com. Themes itu ada yang gratis atau berbayar. Gunakan kata kunci “Free WordPress Theme” atau kombinasinya untuk menemukan website penyedia themes. Setelah menemukan themes yang bagus, teruskan dengan download theme tersebut ke laptop/PC Anda untuk selanjutnya di upload ke blog Anda.

Biasanya di script WP yang kita instal sudah ada bawaan themes standar dan klasik, tapi bisa kog kita ambil dari kontibutor-kontributor themes, seperti :
* Official WordPress Theme page
* Codex WordPress Theme List
* WordPress Theme Viewer
* Free WordPress Themes
* How to Blog’s List of 615+ Themes
* Alex King’s WordPress Theme Competition
* WordPress Index and Theme Builder
* WordPress Theme Park
* JohnTP’s WordPress Themes Collection
* WordPress Themes by priss
* GFXedit.com Themes

Biasanya, themes WordPress yang terdownload terbungkus dalam file zip. File tersebut harus diupload/transfer ke blog Anda menggunakan 2 cara dan Anda bisa pilih salah satu dari cara tersebut, yakni : (1) melalui File Manager dalam Cpanel atau (2) melalui program transfer file (FTP), misal FileZilla.
FTP singkatan dari File Transfer Protocol. Yaitu sebuah protokol –tata cara komunikasi di jaringan komputer– untuk mengirimkan/menerima file dari sebuah komputer ke komputer lain.Untuk melakukan transfer dengan FTP, diperlukan FTP client atau biasa disebut software FTP. Salah satu software FTP yang cukup populer dan dapat dipakai dengan gratis adalah FileZilla. Anda dapat mendownloadnya di http://filezilla-project.org/download.php .Penggunaan FTP relatif mudah, proses transfer file dari komputer kita ke server web hosting bisa dilakukan dengan copy-paste. Tak beda jauh seperti penggunaan Windows Explorer.

Upload Themes

1. Pilih dan download themes yang diinginkan, kemudian extract file-filenya dengan memperhatikan struktur bawaannya, kalau perlu baca readme atau instruksi yang biasa tersedia dari pembuat themes.
2. Upload file-file tersebut ke web server hostingan dengan menggunakan FTP Client, upload semua isi dari folder themes di dalam directory bawaan WP yaitu dibagian wp-content/themes, jadi misalnya folder themes yang diupload namanya “marron” maka nantinya akan terbentuk directory wp-content/themes/marron disana.

Mengaktifkan Themes

Sebelum bisa tampil, themes harus diaktifkan terlebih dahulu, pastikan semua filenya sudah diupload ke directory wp-content/themes/

1. Log in ke Admin Panel, pilih menu Presentation
2. Pilih themes baru yang gambarnya sudah tampil di panel tersebut dengan mengkliknya,
3. Sekarang theme pilihan sudah aktif, bisa di lihat dengan meng-klik “View Site” di bagian atas panel.

Image-image bawaan, warna background dan juga templatenya bisa dimodifikasikan sesuai selera kita, tapi sebaiknya demi menghormati si pencipta themes, link menuju ke situs author tidak perlu dihapus.

Advertisements

Comments»

1. pemograman - 14/11/2009

kalo bisa pake gambar biar lebih jelas kurang mudeng


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: