jump to navigation

Memproteksi Program Aplikasi Tertentu 01/07/2009

Posted by honeyque in komputer teman...!!!.
Tags: , ,
trackback

applockerJika computer kita sering digunakan oleh user lain terutama anak-anak kita yang masih kecil, kita perlu mencoba menggunakan freeware yang satu ini. AppLocker (Application Locker) hadir dengan tampilan yang ringkas namun sudah mampu membantu Anda untuk mencegah ekseskusi pada setiap aplikasi yang kita inginkan baik oleh orang lain maupun sistem. Melakukan blok aplikasi supaya tidak aktif di sistem sebenarnya sudah bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, misal melalui Local Security Policy, tapi tidak ada yang secepat dan semudah AppLocker.Aplikasi yang sangat berguna jika komputer dipakai oleh banyak orang tanpa ada adanya akun terpisah. Applocker memungkinkan kita untuk melakukan pengkuncian/pemrotekan terhadap suatu aplikasi tertentu. Dengan pengkuncian ini, pemilik komputer tidak akan merasa “was-was” lagi akan terjadinya resiko kerusakan dari suatu program tertentu karena ketidaktahuan si pengguna tersebut.

Di samping itu, kita juga dapat mengkunci program aplikasi yang mungkin perlu pengawasan tersendiri ketika anak-anak menjalankannya, seperti program chatting, browser internet atau bahkan program game tertentu. Sebelum menggunakan freeware yang direlease sejak 19 Januari 2009 ini, kita harus melakukan download terlebih dahulu. Pengunduhan dapat dilakukan di sini dengan besar file 991 Kb. Dengan file sebesar itu, maka tidak akan menghabiskan waktu yang lama untuk mendownloadnya.

Setelah berhasil melakukan download, lakukan instalasi pada komputer. Setelah sukses, coba kita jalankan Applocker tersebut, dan jika berhasil, kita akan mendapati jendela Application Locker. Saat pertama kali dijalankan aplikasi akan menampilkan daftar aplikasi komputer yang termasuk populer, seperti Microsoft Word, Internet Explorer, Nero Burning Rom dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi tersebut akan ditampilkan walaupun sebenarnya tidak terinstal di komputer.seperti di bawah ini.


applocker

Kemudian kita dapat mencentangi (check) salah satu atau beberapa aplikasi yang ingin kita proteksi/kunci. Jika sudah, klik “Save” dan dilanjutkan dengan “Close”. Jika aplikasi yang dimaksud tidak ada dalam daftar tersebut, kita dapat melakukan konfigurasi sendiri melalui menu “Configure” hingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.


applocker1
Kemudian isi dengan nama aplikasi pada “caption” kemudian isi nama file executable (*.exe) pada “Executable file Name” dan dilanjutkan dengan menekan Add.

Jika pengaturan selesai kemudian lanjutkan dengan menekan OK.

Sekarang, coba program aplikasi yang telah kita kunci tersebut dan pastikan program tersebut sudah terkunci. Jika ada user yang ingin mencoba menjalankan program yang sudah kita kunci maka akan mendapati komentar, seperti di bawah ini.

applocker2

AppLocker tersedia gratis, ringan dengan hanya berukuran 991 KB, dan telah didesain untuk berjalan pada terminal server dan workstation. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki proteksi sendiri, sehingga orang lain bsia dengan mudah mengakses aplikasi ini dan melakukan perubahan-perubahan dari pengaturan yang sudah dibuat. Jika dikembangkan lagi misal dengan menambahkan fitur profil, pengelompokan aplikasi dan proteksi password, pastinya akan menjadi aplikasi idaman dan wajib dimiliki setiap pemilik komputer.

Catatan dan Requirements

* Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk memproteksi file yang bersifat exeutable (*.exe) saja.
* Requirements >> Windows 2K, Windows XP, Windows 2003, Windows 2008.
* Siahkan download DISINI

………………Semoga Bermanfaat………….!!

Sumber : onoid.blogspot.com

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: