jump to navigation

Mitos Yang Salah Tentang Minum Air Putih 21/07/2009

Posted by honeyque in notebook teman...!!!.
Tags: ,
trackback

air1 Nah khusus untuk kebiasaan minum air putih, ternyata cukup menarik. Mungkin selama ini kita sering mendengar anjuran untuk minum banyak air putih (8 gelas sehari) tiap hari…  Pada acara Oprah Winfrey show menampilkan dr. OZ yang membahas tentang mitos-mitos kesehatan, mulai dari pantangan makanan, diet, detox, sampai kebiasaan minum air putih. Nah, apakah manfaatnya bagi tubuh? Ternyata tidak ada… Yup itu jawaban dari dokter Oz. Karena makanan yg kita makan sehari2 sudah kaya akan air dan jumlah air sebanyak itu tidak memberikan manfaat sama sekali bagi tubuh, selain bikin kita rajin pipis tiap hari. hehehe…..

Nah, waktu browsing tentang ini tadi juga menemukan artikel serupa yg membenarkan pendapat ini. Secara lebih rinci dijelaskan bahwa ada beberapa mitos yg salah tentang air, diantaranya:

* Mitos pertama: Minum 8 gelas air sehari

Tubuh kita sendiri sudah terdiri dari 60% air. Jadi misalnya karena berat saya 90 kg, maka sebenarnya 56 kg tubuh saya adalah air. Jumlah air sebanyak itu tidak diperlukan lagi bagi tubuh. Ntah dari mana mitos ini bermula, yg jelas ilmuwan tidak bisa menjelaskan keuntungan dari kebiasaan ini bagi tubuh.

* Mitos kedua: Minum banyak air membantu mengeluarkan racun dari tubuh

Ini juga tidak benar karena tubuh kita sudah punya bagian yg rutin membersihkan racun dari tubuh, yaitu melalui HATI. Racun yang ada di dalam darah akan dibersihkan oleh hati dan dikeluarkan bersama dengan urin.

* Mitos ketiga: Minum banyak air bisa menyehatkan kulit

Studi pada tahun 2007 di perusahaan kosmetik membuktikan bahwa 500 ml air bisa meningkatkan aliran darah di kulit, tetapi efek ini sebenarnya juga tidak begitu berpengaruh bagi kesehatan kulit.

* Mitos keempat: Minum banyak air bisa mengurangi berat badan

He2 saya juga sempat termakan mitos ini. Alasan yg sering dikemukakan adalah air tidak mengandung kalori, padahal saat ini sudah byk minuman soda zero-calorie. Lalu apa bedanya? Yang jelas minum banyak air sebelum makan membuat perut penuh, sehingga akan terasa lebih kenyang. Jadi jumlah konsumsi makanan juga berkurang.

* Mitos kelima: Minum banyak air bisa mengurangi dehidrasi saat bekerja

Dehidrasi merupakan kondisi seseorang yg kekurangan 2% cairan dari tubuh. Jadi jika tadi berat saya 90 kg, maka jumlah air yg berkurang dr tubuh adalah 1,8 kg. Dan ternyata saya tidak perlu minum sebanyak itu untuk segera mengganti kekurangan air tadi, tapi cukup minum saat kita terasa haus.

Nah, saya pernah masuk RS gara2 kasus terakhir (dehidrasi) . Waktu itu mengalami infeksi saluran kencing dan analisa dokter adalah saya mengalami dehidrasi karena sering kerja lapangan. Padahal faktanya dehidrasi bisa cepat diganti dengan minuman dan makanan yg kita konsumsi sehari-hari.


Waduh, berarti diragukan ya diagnosa dokter Indonesia… Ya iya lah, masak ya iya donk

……………..Semoga Bermanfaat……………

Sumber : alvahendi.wordpress.com

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: