jump to navigation

Belajar Adobe Photoshop 03/08/2009

Posted by honeyque in komputer teman...!!!.
Tags: , ,
trackback

photoshop-blAdobe Photoshop merupakan program pengolah gambar secara digital terpopuler saat ini. Dengan photoshop anda dapat mengolah foto biasa yang telah anda scan menjadi sebuah foto yang luar biasa. Dengan photoshop pula kita bisa menambahkan berbagai efek pada foto ataupun gambar yang kita miliki menjadi sebuah foto atau gambar yang sangat istimewa. Sebagai contoh, Anda pasti sering melihat berbagai foto artis yang sangat eksklusif dan mewah. Nah, sebagian besar foto tersebut adalah hasil karya dari photoshop. atau anda sering temui brosur-brosur perumahan yang tampak sangat real dan hidup, ini juga bisa berkat photoshop. atau yang paling istimewa lagi, mungkin di antara anda pernah melihat di internet foto artis terkenal sedang berpose “panas ! “… nah… foto ini kemungkinan besar adalah juga hasil karya dari adobe photoshop !!.

Dari berbagai contoh ini pun pasti sudah terbayang di benak anda bahwa banyak sekali keajaiban keajaiban yang dapat anda ciptakan dengan program pengolah gambar ini. Di materi ini, photoshop akan dibagi menjadi 4 bagian yaitu:

  1. Photoshop untuk mengolah foto secara digital atau digital imaging
  2. Photoshop untuk advertising/periklanan
  3. Photoshop untuk web designer
  4. Photoshop tips & trik

Mari kita buktikan kecanggihan dari program pengolah gambar yang luar biasa ini dan lihatlah berbagai keajaiban yang dapat diciptakan dengan mudah ..

Ilustrasi Photoshop wrote:

Sebagai tahap awal, mari kita ilustrasikan cara kerja dari Photoshop secara sederhana. Pertama, bayangkanlah seorang pelukis yang sedang melukis di atas kanvas. Pelukis tsb berimajinasi sambil terus mengerakkan kuas di kanvas gambarnya dengan bantuan papan tinta warna dia terus mencampur dan mewarnai lukisannya hingga tampak hidup sekali… dengan bantuan peralatan lukisnya, kuas, kanvas, dan papan tinta warna, pelukis tersebut dapat menciptakan imajinasinya secara nyata.

Hal ini sama dengan Photoshop. Dengan Photoshop kita dapat menciptakan imajinasi kita secara nyata pula. Bila pelukis tersebut menggunakan kanvas sebagai tempat menggambar, maka di Photoshop kita mengunakan layer sebagai kanvas gambar kita. Bila pelukis menggunakan kuas sebagai alat bantu menggambar, maka kita mengunakan tools sebagai alat bantu menggambar. dan bila pelukis mengunakan papan tinta sebagai tempat mencampur warna, maka kita mengunakan pallete sebagai papan bantu kita. Nah, sampai di sini anda pasti sudah merasa sedikit jelas mengenai illustrasi Photoshop…!!

Layout dan Tampilan Photoshop :

Sekarang kita teruskan dengan pengenalan layout dan tampilan dari Photoshop, khususnya Photoshop for Windows. Perhatikan gambar layout Photoshop. Area kerja (canvas) Photoshop 7.0 terdiri dari Menu bar, Option bar, Toolbox, Layer, Palet, Status bar.

  1. Toolbox, terdiri dari seperangkat fasilitas untuk mengedit atau memanipulasi image
  2. Option Bar, Tampilan option bar akan berubah secara dinamis sesuai tool yang digunakan
  3. Perintah View, berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan sesuai dengan yang kita inginkan
  4. Palet Navigator, berrfungsi menggeser atau memperbesar gambar melalui sebuah salinan miniatur gambar. Bagian tengah palet navigator disebut Thumbnail
  5. Penggaris untuk menampilkan klik View > Show Rulers (Ctrl + R), ukuran penggaris adalah pixel

Tools Photoshop :

Tools adalah alat bantu dasar kita dalam mengedit gambar pada photoshop. Hasil manipulasi gambar atau image yang bagus pada dasarnya dibuat dengan melakukan operasi-operasi dasar dalam urutan tertentu dengan bantuan tools. Sebagai contoh,

Move, berfungsi untuk memindahkan bagian dari objek

Type, berfungsi untuk menambahkan tulisan pada objek

Selection, berfungsi untuk memilih bagian dari objek yang akan kita edit dan, banyak sekali tool lainnya yang sangat membantu dalam mengedit foto. Fungsi dan cara kerja dari tool dapat anda lihat berikut ini:

Tool Seleksi

Tool ini berguna untuk membuat seleksi pada obyek. digunakan untuk memilih area gambar yang akan diedit. dengan demikian, manipulasi yang dilakukan pada gambar hanya akan berpengaruh pada bagian yang diseleksi saja.

Painting & Editing

* Healing, membuat duplikat dari obyek dengan cara menggeser

* Paintbrush, membuat simulasi goresan kuas pada saat mewarnai obyek

* Clone Stamp, mengambil sampel warna permukaan tertentu, untuk diduplikasikan di permukaan bagian lain

* History Brush, mengembalikan obyek pada posisi seperti history atau snapshot tertentu

* Eraser, menutupi warna dengan warna foreground

* Paint Bucket, mengisi daerah yang memiliki kemiripan warna dengan tempat anda menekan mouse

* Blur, mengelapkan warna pada obyek

* Dodge, menerangkan warna pada obyek

Tool Spesial

* Path Component, menggeser letak titik yang telah dibuat pada path

* Text, menulis teks horizontal pada objek

* Pen, membuat path yang dapat digunakan sebagai seleksi atau alat gambar

* Rectangle, membuat kotak segi empat

* Notes, membuat catatan pada objek dan bisa ditambah dengan penggunaan audio

* Eyedropper, mengganti warna foreground dengan sample warna yang diinginkan

Navigasi

* Hand, menggeser bidang kerja ke posisi yang diinginkan

* Zoom, memperbesar atau memperkecil tampilan objek

Berikut adalah beberapa operasi dasar yang sering digunakan:

Pencil Tool , menghasilkan gambar seperti goresan pensil.

Brush Tool , menghasilkan gambar kuas. Pilihan air brush pada option bar membuat brush tool berfungsi seperti cat semprot. Penerapannya pada suatu tempat secara terus menerus mengakibatkan warna semakin banyak (menyebar) sampai pada titik jenuh (tidak ada perubahan lagi). Ukuran dan bentuk kuas dapat diubah melalui option bar.

History Brush Tool dan Art History Tool , menghasilkan gambar bentuk kuas dikombinasikan dengan history (langkah sebelumnya) Menggambar bentuk tertentu; Rectangle Tool (persegi panjang), Rounded Rectangle Tool (persegi pangang dengan sudut tumpul), Ellipse Tool (lingkaran dan elips), Polygon Tool (segi banyak), Line Tool (garis), dan Custom Shape Tool (bentuk kompleks).

Path : menggambar kurva vektor (bukan bitmap) baik terbuka ataupun tertutup. Bentuk path bisa dimodifikasi lebih lanjut dengan mengubah posisi dan arah segmen dan kait.

Gradien Tool , memberi warna gradasi pada gambar. Warna yang digunakan bisa diedit melalui option bar.

Paint Bucket Tool , bisa memberi warna atau pattern/pola pada gambar.

Scale, mengubah besar skala/ukuran gambar

Rotate, memutar gambar

Skew, pergeseran. Misalnya mengubah bujur sangkar menjadi jajaran genjang

Distort, kombinasi antara skew dan scale

Perspective, sebagai contoh membuat bujur sangkar menjadi segitiga sama kaki atau jajaran genjang

Flip, mencerminkan gambar baik secara horizontal maupun vertikal

Clone Stamp Tool digunakan untuk meenduplikasi area tertentu pada gambar

Pattern Stamp Tool digunakan untuk menduplikasi pattern (pola) pada gambar. Pattern adalah pola (berupa gambar kecil) yang disusun secara berurutan (grid) menghasilkan gambar yang lebih besar. Analogikan dengan ubin = pattern dan lantai = gambar.

Patch Tool : mengubah bagian tertentu pada gambar dengan gambar lain

Healing Tool : mengubah bagian tertentu pada gambar dengan gambar lain. Kelebihan dari patch tool adalah kemampuan untuk menyesuaiakan gambar baru (tekstur, pencahayaan dan bayangan) dengan lingkungan.

Eraser Tool menghapus

Background Eraser Tool menghapus gambar background

Magic Eraser Tool, menghapus dengan melakukan seleksi secara otomatis

Blur Tool, dipakai untuk mengaburkan gambar.

Sharpen Tool, dipakai untuk menambah ketajaman gambar.

Smudge Tool, dipakai untuk memberi efek smudge (seperti terkena gosokan tangan).

Dodge Tool, digunakan untuk mengatur pencahayaan (exposure) agar lebih terang (light).

Burn Tool, digunakan untuk mengatur pencahayaan agar lebih gelap (dark).

Sponge Tool, digunakan untuk mengatur tingkat saturasi pada gambar.Slice Tool, digunakan untuk memotong gambar menjadi bagian yang lebih kecil. Sering dipakai untuk membuat layout table pada halaman web (HTML). Mengatur pencahayaan dan warna pada gambar lebih lenjut. Hal ini bisa dilakukan melalui menu Image | Adjustments.

Layer Photoshop :

Bila diterjemahkan, layer adalah lapisan, tepatnya lapisan kanvas tempat kita mengedit gambar. Dengan layer kita mulai mengedit foto dan dapat memberikan effect yang luar biasa. Sebagai ilustrasi, layer itu persis seperti lapisan plastik transparan. Bila sebagai background atau lapisan pertama kita adalah foto pantai, kemudian di atasnya lapisan kedua adalah foto kita sendiri, serta lapisan ketiga kita adalah text nama kita, maka bila disatukan:

Background + layer 2 + layer 3 = Foto kita sedang berada di pantai dengan text nama kita.

Photoshop :

Bila kita ingat papan tinta pelukis, maka pallete pun berfungsi sama seperti papan tinta tersebut, pada photoshop pallete berfungsi mendukung fasilitas-fasilitas pada photoshop. Pada pallete dapat kita temui layer pallete, channel pallete, path pallete, history pallete, colour pallete, action pallete, navigation pallete, swatches pallete, dan pallete-pallete lain yang akan langsung kita praktekkan pengunaannya pada study case di bab-bab berikutnya.

Teknik Collase

Intro wrote:

Untuk pengolahan imaging dasar, pertama kali anda akan berkenalan dengan teknik kolase. Teknik ini biasa dipakai untuk membuat bayangan benda seperti tersamar terhadap objek latar belakangnya. Teknik dasar ini nantinya bisa anda implementasikan/digabungkan dengan teknik lainnya dengan cara yg berbeda pula.

Collase wrote:

1. File > Open, Pilih gambar latar nama sunset.jpg

2. File > Open kembali, kali ini buka file girl.jpg

3. Aktifkan file girl.jpg

4. Pilih Move Tool

5. Pindahkan girl.jpg ke kanvas sunset.jpg

6. Ubah ukuran dari girl.jpg sehingga proporsional dengan latar belakang dengan perintah Edit > Free Transform.

7. Setelah ukurannya sesuai dengan yg anda harapkan, akhiri perubahan ukuran tersebut dengan menenkan ENTER pada keyboard anda.

8. Sekarang anda lihat di atas pallete layer, ada penunjuk opacity 100%, anda bisa mengubah opacity dari girl.jpg (layer ini yang aktif sekarang). Dengan menggeser slider pada kolom opacitynya.

9. Untuk hasil yang lebih sempurna kita perlu memperhalus kesan Kolase pada girl.jpg. dengan cara menghapus pinggiran dari gambar tersebut.

10. Ganti tool anda sekarang dengan Eraser tool. Lalu pada menu tool anda bisa ubah jenis eraser anda dengan yang lebih halus tekanannya. (Perhatikan videonya)

11. Mulailah menghapus pinggiran gambar anda dengan hati-hati.

12. Semakin sering anda berlatih, akan semakin sempurna hasil yang anda capai

13. Selamat berlatih.

Efek Blur

Intro wrote:

Efek blur adalah memecah pixel suatu image agar menjadi berpencar atau berbentuk sesuai dengan arah dari pecahan blur itu sendiri. Efek blur menimbulkan kesan ledakan, gerak dari suatu objek. Efek ini tidak saja berpengaruh pada latar belakang/background saja, akan tetapi pada semua jenis image maupun warna gambar. Apabila anda pernah melihat gambar gerak mobil yang seakan-akan melintas dengan kecepatan tinggi, itu adalah salah satu hasil dari manipulasi photoshop dengan menggunakan efek blur. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari cara membuatnya.

Blur wrote:

Langkah langkah teknik Blur:

  1. Bukalah menu File > New. (Untuk membuka kanvas kosong)
  2. Isi Width: 14 cm Height: 10 cm Resolution; 70 pixel/cm (perhatikan ukurannya (cm, inch atau pixel).
  3. Buka menu Edit > Fill
  4. Pada kotak dialog Use : (pilih pattern) lalu di bawah pattern pilih jenis yang diinginkan
  5. Setelah kanvas terisi dengan pattern. Buka menu Filter >Blur >Radial Blur.
  6. Pada kotak dialo radial blur isi ketentuan sebagai berikut:

Amount : 100 Blur

Method : Zoom

Quality : Best

(Ketentuan ini tidaklah mutlak, suatu waktu anda bisa bereksperimen sendiri dan melihat efek yang dihasilkan)

7.  Lalu buka lagi menu File > Open. Cari gambar cantik.jpg sebagai contoh

8.  Pilih Magic Wand Tool yang berbentuk tongkat sihir pada toolbox anda.

9. Klik pada latar belakang gambar cantik.jpg yang berwarna putih

10. Buka menu Select > Inverse

11. Setelah anda pilih inverse, maka akan ada garis seleksi hanya di sekeliling gambar orangnya saja.

12. Sekarang ganti alat anda dengan Move tool

13. Klik pada gambar orang tersebut lalu pindahkan ke kanvas anda yang berisi pattern dengan efek blur sebelumnya.

14. Maka akan ada suatu hasil gambar yang indah.

15. Untuk efek lainnya kita akan pelajari satu persatu

Shout_-_3D_Adobe_Photoshop_CS

……………….Semoga Bermanfaat…………..

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: