jump to navigation

Mengetahui apakah itu Web Hosting 05/08/2009

Posted by honeyque in komputer teman...!!!.
Tags: , ,
trackback

is-web-hostingAnda telah membuat web di komputer, namun yang bisa melihat hanyalah Anda sendiri karena data situs web berada di komputer Anda. Supaya situs web Anda bisa diakses di Internet, data situs web Anda harus disimpan disebuah tempat yang bisa diakses oleh semua pengguna Internet. Dan situs web yang Anda buat dapat dilihat pengunjung dari segala penjuru dunia, data situs web Anda tersebut mau tidak mau harus diletakan di sebuah web hosting server yang  tersambung ke Internet 24 jam setiap hari. Tempat itulah yang dinamakan web hosting server. “Saya sudah membuat web, lalu saya ingin web saya bisa diakses di Internet, bagaimana caranya ?” dengan alamat http://www.namaku.com

Jawabannya adalah pertama-tama Anda harus menempatkan data situs web Anda di sebuah web hosting server. Kemudian Anda harus melakukan registrasi nama domain. Secara umum Anda harus melakukan kedua proses tersebut di atas bila situs web Anda ingin bisa tampil di Internet dengan alamat tertentu. Sekarang kita akan membahas tentang web hosting terlebih dahulu.

Web Hosting adalah meletakkan data situs web Anda pada sebuah server yang terkoneksidengan jaringan Internet yang selanjutnya akan membuat situs web Anda bisa di akses diInternet.web hosting server mana yang ingin saya  gunakan untuk menempatkan data situs web yang saya miliki ?”. Komputer atau server tersebut dapat berupa komputer di rumah, kantor atau di service web hosting yang banyak bertaburan di Internet. Dan apapun yang Anda pilih, selalu ada sisi lebih dan sisi kurang yang harus dipertimbangkan baik-baik.

Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan tempat gratis untuk menempatkan situs web Anda misalnya Portland, Geocities, Tripod dll. Persoalannya sekarang adalah: Anda harus memilih yang mana? Yang gratis atau yang bayar? Apakah harus memilih tempat yang gratis tersebut atau menyewa tempat di suatu perusahaan web hosting? Ingin tahu lebih web hosting yang gratis baca aja artikel…………..

Hosting Gratis 000webhost

Semua pilihan akhirnya kembali harus Anda yang memutuskan. Sebagai satu pertimbangan terpenting adalah seberapa serius Anda membuat situs web tersebut. Jika hanya main-main,mencoba-coba membuat situs web sederhana tentu hosting yang gratis harus Anda jadikan pilihan. Tetapi jika Anda ingin serius membangun sebuah situs web dengan berbagai macam aplikasi dan kebutuhan-kebutuhan yang tidak tersedia oleh layanan web hosting yang gratis
maka yang Anda harus pilih adalah jasa web hosting dan web design profesional.

Berikut ini adalah tabel perbandingan penyedia layanan web hosting server antara yang gratis dan tidak gratis dengan tujuan supaya Anda bisa memilih pilihan hosting yang tepat.

Gratis Bayar (profesional)
Kapasitas Terbatas, tergantung dari sipenyedia layanan dan tidak bisaditambah. Tergantung kebutuhan Anda.Besarnya biaya yang Anda keluarkan akan sebanding dengan besarnya kapasitas data yang Anda miliki.
Nama Domain Anda tidak bisa bebasmenentukan nama domain situs web Anda. Contoh: Anda mendaftar ke geocities Maka Anda hanya memiliki nama subdomain, misal: http://www.geocities.com/namaku atau

http://namaku.geocities.com

Anda bebas menentukan namdomain situs web Anda Misalkan: http://www.namaku.com http://www.namaku.net
Fitur Fiturnya sangat terbatas, banyakpenyedia layanan ini hanya mendukung HTML, tapi tidak mendukung pemrograman seperti php, asp dan lainnya. Sesuai dengan keinginan kita,misalkan Anda ingin:

– support database mysql

– support php

– support asp

– support frontpage

– Akses FTP

Banner Iklan Kemungkinan besar situs web Anda akan penuh dengan iklanyang berasal dari si penyedia

layanan web hosting.

Tidak ada iklan apapun.
Keamana Sesuai yang disediakan olehpenyedia layanan. Relatif lebih baik dari layanan “freehosting”.

Tips untuk memilih web hosting
Pada intinya sama saja dengan tips memilih web hosting untuk situs web pribadi, yang mungkin perlu diperhatikan adalah mengenai kapasitas space. Sebesar apakah perusahaan anda ? Seberapa banyak data yang akan ditampilkan ? Untuk korporat berskala kecil (seperti perusahaan kecil, komunitas kecil) mungkin hanya membutuhkan space berkisar antara 25 – 50 MB,  akan tetapi untuk korporat berskala besar seperti perusahaan multinasional, Universitas tentu akan membutuhkan space lebih besar. Mungkin bisa sampai 250 MB atau bahkan lebih. Untuk korporat berskala besardisarankan memiliki web server sendiri (tidak menyewa hosting) yang didukung oleh teknisi yang handal.

Catatan Penting:
Web hosting hanya untuk menempatkan data situs web di sebuah server, dan belum bisa diakses oleh pengguna Internet. Supaya situs web Anda bisa diakses dengan alamat tertentu situs web Anda harus memiliki “nama domain” (penjelasan tentang nama domain akan dibahas di bab tersendiri).

……………….Semoga Bermanfaat……………..

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: