jump to navigation

Tips Memilih Web Hosting dan Nama Domain 05/08/2009

Posted by honeyque in komputer teman...!!!.
Tags: , ,
trackback

web-hostingPada saat memilih web hosting dan nama domain untuk situs web, tentunya kita dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, pilih web hosting yang mana ya ? Memakai nama domain apa yah ? Berikut ini adalah tips memilih web hosting dan nama domain sehinggan pilihan yang anda pilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda, tidak berlebihan ataupun kurang. Selanjutnya adalah hak anda untuk menentukan pilihan. Pada intinya sama saja dengan tips memilih web hosting untuk situs web pribadi, yang  mungkin perlu diperhatikan adalah mengenai kapasitas space.

Sebesar apakah perusahaan anda ? Seberapa banyak data yang akan ditampilkan ? Untuk korporat berskala kecil (seperti perusahaan kecil, komunitas kecil) mungkin hanya  membutuhkan space berkisar antara 25 – 50 MB,   akan tetapi untuk korporat berskala besar seperti perusahaan multinasional, Universitas tentu  akan membutuhkan space lebih besar. Mungkin bisa sampai 250 MB atau bahkan lebih.  Untuk korporat berskala besar disarankan memiliki web server sendiri (tidak menyewa hosting) yang didukung oleh teknisi yang handal. Beberapa Tips untuk memilih web hosting :

1. Kapasitas ruang (space)
Untuk situs web pribadi ruang yang dibutuhkan relatif sedikit. Kebanyakan situs web pribadi hanya menampilkan data-data pribadi, portfolio/curriculum vitae, pengalaman kerja, galeri foto dan buku tamu (guestbook). Mungkin hanya dibutuhkan space sekitar 3 – 5 MB. Beda lagi ceritanya kalau anda menampilkan file-file berukuran besar, misalkan anda ingin menampilkan file-file presentasi (ppt) ataupun file lainnya di situs web anda, tentu ruang yang dibutuhkan lebih besar lagi.

2. Kecepatan Akses
Pastikan web hosting yang anda pilih memberikan jaminan bahwa situs web anda  nantinya bisa diakses dengan cepat baik dari dalam maupun luar negeri. Kembali lagi  tergantung siapa target pengunjung situs anda, kalau hanya untuk orang Indonesia,  pilihlah web hosting yang cepat diakses dari dalam negeri.

3.  Unlimited Data Transfer
Fasilitas Unlimited Data Transfer tentu saja harus tersedia.

4.  Control Panel
Fasilitas ini sebaiknya harus ada, karena dengan adanya fasilitas ini akan  memudahkan anda untuk mengatur dan memodifikasi situs web anda, seperti setting  database, email dan sebagainya.

5.  POP Mail dan Web Mail
Sebaiknya fasilitas ini tersedia, atau paling tidak salah satu diantaranya. Bila anda  harus memilih salah satu, disarankan anda pilih Web Mail karena dengan Web Mail  anda bisa mengakses email darimana saja melalui web browser.


6.  FTP

Fasilitas ini harus ada (high recommended). Fasilitas ini untuk memudahkan kita untuk memanajemen data, apakah itu untuk uploading, editing, menghapus (delete) file tertentu, mengeset CHMOD dan lain sebagainya. FTP cenderung lebih disukai bila dibandingkan dengan web file manager (semacam aplikasi di web browser untuk memanajemen file seperti halnya FTP).

7.  Mendukung/support untuk program-progran yang kita gunakan.
Misalkan kita menggunakan PHP dan MySQL, pilihlan web hosting yang bisa  mendukung program tersebut.


Tips untuk memilih nama domain

Untuk situs web pribadi, pada umumnya kita menghendaki nama domain yang  mencantumkan “nama” , “nickname”, ataupun nama lainnya. Kode domain yang dipakai pun bermacam-macam selama kode domain tersebut diijinkan untuk pemakaian situs web pribadi, seperti .com, .net, .name (untuk TLD).  Contoh situs web pribadi yang sudah ada di Internet yang menggunakan TLD:

–  http://ferryhalim.com/

–  http://www.angeliquewidjaja.com

–  http://www.gusdur.net/

Untuk ccTLD di Indonesia contohnya .web.id, .or.id.

Contoh situs web pribadi yang sudah ada di Internet yang menggunakan ccTLD Indonesia:

–  http://www.iwandarmansjah.web.id/

–  http://www.asep.or.id/

Disarankan untuk memilih nama domain yang simpel, gampang di ingat dan tidak terlalu  panjang supaya pengunjung tidak mengalami kesulitan untuk mengingat nama domain tersebut. Tips untuk situs web korporat Yang tergolong dalam kategori situs web korporat diantaranya adalah situs web perusahaan,  institusi pendidikan, pemerintahan, organisasi dan komunitas (bahasa mudahnya adalah situs  web non-pribadi). Tips untuk memilih nama domain: Saat ini ada beberapa nama domain korporat yang tidak sesuai dan tidak memperhatikan  etika penamaan domain. Sekarang misalkan ada situs pemerintahan di Indonesia (katakan pemda-A) menggunakan nama domain dot com menjadi http://www.pemda-a.com. Dan masih banyak contoh-contoh situs web di internet yang tidak sesuai dalam hal penggunaan nama domain.  Lebih baik mengikuti standar penamaan domain seperti yang dijelaskan di bab 4, sebagai contoh:
Perusahaan di Indonesia : http://www.[namaperusahaan].co.id

Universitas di Indonesia : http://www.[nama universitas].ac.id

Pemerintahan di Indonesia : http://www.[nama pemerintahan].go.id

……………………Semoga Bermanfaat…………………..

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: